Klik "ide judul blog" untuk membaca tulisan ide dari judul blog...

Minggu, 17 Maret 2013

Fauna Reptil

8. Buaya Muara


Foto 10. Buaya Muara

Buaya muara atau yang nama latinnya Crocodylus porosus adalah jenis buaya yang terbesar di antara keenam jenis buaya yang terdapat di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Buaya muara dinamakan seperti itu karena habitatnya adalah di muara sungai. Buaya muara memiliki panjang hingga 7 meter. Berat hingga 1000 kilogram. Namun Panjang betinanya hanya 2,5 hingga 3 meter.

Klasifikasi
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Crocodylia
Famili : Crocodylidae
Genus : Crocodylus
Spesies : Crocodylus porosus

9. Sanca Bodo


Foto 11. Python molurus bivittatus

Sanca Bodo atau yang nama latinnya Python molurus adalah salah satu jenis ular yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Sanca Bodo termasuk kategori hewan nokturnal. Hewan ini hidup tidak berkelompok, melainkan sendiri-sendiri. Habitat hewan yang dalam bahasa Inggris dinamakan Asiatic Rock Python ini adalah hutan hujan, yang dapat ditemui di kaki bukit berbatu, lembah sungai, semak belukar, dan rawa. Hewan ini seringkali ditemukan tidak jauh dari sumber air. 
Sanca Bodo betina memiliki panjang dan bobot yang lebih dari Sanca Bodo jantan. Panjang Sanca Bodo sekitar 5 meter, sedangkan bobotnya sekitar 160 kilogram. Sanca Bodo memiliki kulit yang berwarna krem, coklat hingga coklat tua, dan memiliki pola. 
Sanca Bodo terdiri dari dua (2) sub-spesies, yaitu Python molurus molurus dan Python molurus bivittatus. Python molurus molurus tersebar di India, Bangladesh, Pakistan sampai Nepal. Sedangkan Python molurus bivittatus tersebar di Indonesia, yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sumbawa dan Sulawesi. 
Kedua sub-spesies Sanca Bodo memiliki perbedaan yang cukup mudah diidentifikasi. Python molurus bivittatus berwarna lebih gelap dari Python molurus molurus. Pola pada badan Python molurus bivittatus berbentuk dasar persegi panjang dengan garis batas berwarna hitam, pada bagian kepala terdapat tanda bentuk panah yang juga merupakan bagian dari polanya. Python molurus molurus juga memiliki tanda berbentuk panah di bagian atas kepalanya, namun hanya sebagian atau ujung tanda panahnya memudar.

Klasifikasi
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Famili : Boidae
Genus : Python
Spesies : Python molurus

10. Soa soa


Foto 12. Soa soa
Sumber foto: http://www.dahmstierleben.de

Soa soa atau hewan yang nama latinnya Hydrosaurus amboinensis adalah hewan yang dikatakan mirip dengan dinosaurus. Dikatakan pula Soa soa adalah hewan zaman prasejarah yang masih tersisa hingga kini. Soa soa memiliki semacam layar di ekornya, yang akan mengembang saat merasa dirinya terancam. Panjang badan reptil ini sekitar 120 cm. Hidupnya di pepohonan, juga di pinggiran sungai. Adapun makanannya adalah serangga.

Klasifikasi
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Famili : Agamidae
Sub Famili : Hydrosaurinae
Genus : Hydrosaurus
Spesies : Hydrosaurus amboinensis

11. Penyu Belimbing


Foto 13. Penyu Belimbing

Penyu belimbing adalah jenis penyu terbesar di dunia. Penyu ini dinamakan Penyu belimbing karena cangkangnya yang menyerupai belimbing. Penyu ini mempunyai cangkang berukuran panjang 1 hingga 1,75 meter. Panjang keseluruhannya adalah 1,83 hingga 2,2 meter. Beratnya mencapai 250 hingga 700 kilogram, bahkan dapat mencapai 916 kg dengan panjang keseluruhan 3 meter, seperti pada spesies yang ditemukan di pantai Barat Wales di tahun 1988. Warna Penyu ini adalah hitam dengan bintik-bintik putih dan juga merah jambu. Salah satu hal yang membedakan Penyu belimbing dengan penyu-penyu lainnya adalah tidak terbentuknya sudut yang tajam antara cangkang atas dengan cangkang bawah. 
Penyu belimbing tidak hidup berkelompok, melainkan sendiri-sendiri. Makanannya adalah binatang invertebrata, seperti ubur-ubur. Karena Penyu Belimbing atau penyu pada umumnya adalah hewan yang kebanyakan beraktifitas di air, maka Penyu Belimbing sangat jarang dilihat di daratan. Namun Penyu Belimbing betina dapat dilihat di daratan pada waktu yang digunakan untuk bertelur, yaitu malam hari.

Klasifikasi
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Famili : Dermochelyidae
Genus : Dermochelys
Spesies : Dermochelys coriacea

12. Penyu Tempayan


Foto 14. Penyu Tempayan

Penyu Tempayan adalah jenis penyu yang memiliki cangkang yang berwarna coklat tanah liat. Panjang penyu ini adalah 81 hingga 105 cm, berat 65 hingga 101 kg. Penyu ini memiliki rahang yang sangat kuat untuk menghancurkan mangsanya. Makanannya adalah hewan yang memiliki cangkang, seperti kerang. Namun, penyu ini juga memakan hewan lunak, seperti ubur-ubur.

Klasifikasi
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Famili : Cheloniidae
Genus : Caretta
Spesies : Caretta caretta

Untuk lanjut ke Fauna Aves silahkan klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar