Klik "ide judul blog" untuk membaca tulisan ide dari judul blog...

Sabtu, 24 Maret 2012

Ide Judul Blog

Sumber gambar: wafaaulia.wordpress.com

Sebelum blog ini dibuat, terlebih dahulu dibuat perencanaan. Apa alamat blog, Apa judul blog, apa kategori blog , bagaimana tampilan blog dan apa tujuan blog. Perencanaan yang dibuat adalah: alamat blog: "belajarjadiarkeolog", judul blog: "Belum Ada Judul", kategori blog: blog hobi, tampilan blog adalah warna kuning dan hitam. Kategori hobi yang diputuskan adalah arkeologi. Tujuan blog adalah untuk memediasi pemikiran-pemikiran penulis dan untuk berbagi pengetahuan kepada publik. Seiring berjalannya waktu, maka blog ini berkembang seperti yang dapat dilihat sekarang.
Blog ini dibuat pada tahun 2010. Namun, judulnya baru ada 'sekarang'.
Terusik oleh perkataan seorang dosen/ guru dalam perkuliahan yang mengatakan bahwa: “.....jangan lupakan jati diri kalian sebagai seorang arkeolog”, maka muncullah ide judul blog ini yang sebelumnya berjudul “Belum Ada Judul”.
Isi dari blog ini adalah gagasan-gagasan atas pemikiran-pemikiran penulis. Penulis adalah mahasiswa Jurusan Arkeologi (calon arkeolog), Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Hasanuddin. Dengan berdasarkan tema blog serta latar belakang penulis, maka tulisan dalam blog ini seharusnya tulisan-tulisan yang membahas tentang arkeologi. Akan tetapi, pemikiran-pemikiran penulis yang dikomunikasikan melalui blog ini diprediksikan tidaklah hanya pemikiran-pemikiran tentang arkeologi.
Judul blog ini mempunyai makna. Kata pertama makna kata "tulisan" pada umumnya. Makna dari kata ke dua adalah bahwa jati diri penulis adalah seorang arkeolog. Ide dari kata ke dua sebenarnya ukuran tulisannya ingin dibuat lebih kecil untuk memaknai penulis yang masih calon arkeolog. Akan tetapi karena penulis tidak mengetahui cara memperkecilnya, maka ide itu digantikan dengan meng-kapital-kan tulisan kata pertama dan tidak meng-kapital-kan tulisan pada kata ke dua. Sehingga bentuk judul blog ini adalah sebagai berikut:
"TULISAN arkeolog"
atau seperti yang dapat dilihat pada header blog.
Judul blog ini memberi pesan kepada penulis bahwa walaupun isi dari blog ini tidak sepenuhnya berisi tentang arkeologi, namun penulis tidak boleh melupakan jati dirinya sebagai seorang arkeolog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar