Klik "ide judul blog" untuk membaca tulisan ide dari judul blog...

Minggu, 17 Maret 2013

Flora dan Fauna Sulawesi Tenggara yang Dilindungi Undang-Undang

Artikel ini merupakan hasil kerja dari penulis selaku orang yang masuk dalam tim studi pustaka Ujungpandag Heritage dalam Tim Observasi Konawe Utara di Sulawesi Tenggara. Karena informasi mengenai Flora dan Fauna Sulawesi Tenggara ini dianggap penting, maka dicarilah datanya. 

Tahap kerja dari Sistem Informasi ini adalah Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Penyajian Data. Pada tahap awal, data-data dikumpulkan dari internet, kemudian data-data tersebut diolah sehingga menjadi informasi dan setelah itu informasi itu disajikan. Penyajian informasi dilakukan dengan dua cara yang berbeda. Cara pertama adalah melalui blog. Cara kedua adalah dengan menggunakan software pendukung, yaitu Macromedia Flash MX. Adapun sumber utama dari data nama-nama flora dan fauna Sulawesi Tenggara adalah situs resmi Sulawesi Tenggara atau yang dapat dilihat di sini http://www.sulawesitenggaraprov.go.id/profil-daerah/flora-a-fauna.html. Dengan mengacu pada situs tersebut, maka informasi mengenai flora dan fauna Sulawesi Tenggara hanya terbatas pada yang dilindungi oleh Undang-Undang saja.

Agar tidak berat me-load, artikel ini dibagi menjadi enam (6) tulisan, yaitu: Flora, Fauna Mamalia, Fauna Reptil, Fauna Aves (part 1), Fauna Aves (part 2), Fauna Moluska dan 1 Arthropoda.
Satu hal sebelum dilanjut adalah: dilarang menggandakan tulisan ini tanpa menuliskan sumbernya!
Berikut adalah Informasi Flora dan Fauna Sulawesi Tenggara yang dilindungi oleh Undang-Undang.

Flora

1. Kayu Kuku


Foto 1.  Pohon Kayu Kuku
Sumber foto: http://lh5.ggpht.com

Kayu kuku adalah tanaman tropis yang tumbuh subur di hutan dataran rendah, terutama di hutan dataran rendah yang bertanah podsolik dan aluvial. Kayu kuku ini jika dibandingkan dengan kayu jati, maka kualitasnya lebih. Kayu jenis Kayu kuku dapat diidentifikasi dengan warnanya yang coklat kemerahan, permukaannya yang licin, dan arah seratnya yang tidak teratur. Pohon Kayu kuku dapat dikenali dengan ciri-ciri tinggi pohon 30 hingga 40 meter. Tanaman Kayu Kuku dapat tumbuh berasosiasi dengan Huru Dapung, Bitanggur, Kayu Lara, Damar, dan Bungur.

Klasifikasi
Kerajaan : Plantae
Filum : Tracheophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili : Leguminosae
Genus : Pericopsis
Spesies : Pericopsis mooniana

2. Kasumeeto


Foto 2. Kasumeeto
Sumber foto: http://www.wellgrowhorti.com

Kasumeeto adalah tanaman yang tumbuh di hutan hujan dataran rendah. Pohon Kasumeeto dapat diolah menjadi kayu yang berkualitas cukup baik. Kasumeeto dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian lebih dari 35 meter. Kulit pohon bagian luar berwarna hitam, bersisik, kulit bagian dalam berwarna kemerahan. Daunnya berbentuk memanjang dan terlihat mengkilat. Bunganya kecil dan berwarna putih. Buahnya, yang dinamakan buah Sawo, berbentuk bulat, dan rasanya manis. Adapun bijinya dapat dijadikan obat, yaitu obat diare.

Klasifikasi
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ebenales
Famili : Ebenaceae
Genus : Diospyros
Spesies : Diospyros malabarica

Untuk lanjut ke Fauna klik di sini.

2 komentar: